Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Mengajukan KPR Rumah

Mengajukan KPR rumah di bank tidak boleh sembarangan. Anda harus benar-benar memilih bank yang cepat, berkualitas, dan terpercaya untuk pengajuan KPR rumah Anda.

Kpr rumah

Membeli rumah KPR memang menjadi solusi bagi mayoritas orang untuk mendapatkan hunian nyaman. Ini disebabkan, KPR rumah tidak perlu modal besar untuk bisa mendapatkannya. Anda hanya perlu melunasi uang muka, dan sudah bisa menempati hunian nyaman. Meskipun pada akhirnya setiap bulan harus menanggung cicilan, tapi setidaknya Anda sudah mempunyai rumah.

Kini, mengajukan KPR rumah tidak perlu susah-susah lagi dengan Bank Danamon. Anda pun akan mendapat berbagai keunggulan yang menguntungkan. Namun, sebelum itu Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut jika ingin mengajukan KPR, khususnya melalui bank.

1. Besaran Plafon Kreditnya

Ini adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum menghitung simulasi KPR. Tanyakan dulu berapa besaran plafon kreditnya. Dengan menelaah besarnya limit pinjaman atau plafon yang diberikan, akan mempermudah Anda untuk memilih bank yang tepat.

Gambar terkait

2. Hitungan Suku Bunga

Jangan langsung tergiur dengan suku bunga yang rendah. Anda sebaiknya harus tahu dulu bagaimana cara perhitungan suku bunga sebelum memilih KPR. Anda bisa meminta simulasi tabel cicilan yang menunjukkan berapa cicilan bulanannya. Ini juga akan memperlihatkan sistem suku bunga yang digunakan. Akan lebih baik jika Anda memilih suku bunga yang efektif supaya beban kredit semakin ringan.

3. Kurun Waktu Pinjaman

Beberapa bank biasanya memberikan masa pinjaman untuk KPR ini maksimal 15 tahun. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Bank Danamon memberi jangka waktu hingga 20 tahun. Semakin panjang waktu tenor kredit yang Anda ambil, semakin ringan pula cicilan per bulannya. Tentu hal ini harus disesuaikan dengan penghasilan Anda, ya. Tak masalah mengambil waktu yang sebentar jika penghasilan Anda mencukupi.

4. Lamanya Proses Pengajuan

Ini juga penting untuk Anda perhatikan. Biasanya, proses pengajuan oleh bank antara 2 minggu sampai 1 bulan. Sebaiknya Anda memilih bank dengan proses yang cepat seperti Bank Danamon yang hanya butuh waktu 14 hari pengajuan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk mengajukan KPR rumah. Pastikan Anda memilih Bank Danamon, ya!