Daftar Menu MPASI Bayi 6 Bulan yang Beragam dan Enak

Menu MPASI untuk saat ini sangat mudah ditemukan. Terlebih sekarang mencari informasi lewat Google sangat mudah. Begitu juga dengan informasi menu cara membuat MPASI bayi 6 bulan. Untuk menu awal, makanan yang diberikan sebaiknya teksturnya encer karena bayi baru pertama kali mengenal makanan. Sehingga bentuk makanannya tidak boleh jauh beda dengan tekstur ASI.

Perlahan seiring berkembangnya usia, menu MPASI bisa menggunakan makanan padat. Sebagai rekomendasi, berikut ini akan disajikan beberapa menu MPASI yang variatif sehingga bayi tidak merasa bosan dan monoton dengan makanan yang dikonsumsinya;

1. Pure Pisang dan Alpukat

Cara membuat MPASI bayi 6 bulan

Untuk awal cara membuat MPASI bayi 6 bulan, biasanya makanan yang diberikan adalah menu dengan satu bahan yang dihaluskan. Namun, agar bayi bisa merasakan variatifnya makanan, menu pure pisang dengan alpukat bisa dicoba.

Bahan yang dibutuhkan adalah ASI atau air, daging alpukat dan pisang matang. Cara membuatnya adalah dengan mencuci bersih alpukat dan pisangnya. Buang kulit pisang dan kerok daging alpukat. Selanjutnya blender kedua bahan tersebut hingga buah tercampur rata.

2. Pure Jagung Manis dan Bayam

Kedua bahan ini dipilih karena kandungan nutrisinya yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Aneka vitamin yang terkandung pada bayam dan jagung manis, mencetuskan ide untuk membuat menu dari bahan ini. bahan yang diperlukan adalah jagung manis satu buah, daun bayam, 5 sendok makan air matang.

Cara membuat menu ini adalah cuci bersih jagung manis dan bayam. Rebus pipilan jagung manis sampai empuk, masak hingga matang. Campur bayam dengan jagung manis dan blender bahan tersebut hingga halus. Apabila telah masak, maka tinggal sharing bersama orang tua.

3. Campuran Kentang, Daging, Wortel dan Tomat

Untuk membuat menu MPASI balita, bahan yang dibutuhkan adalah kentang berukuran sedang. Daging sapi cincang, wortel, tomat dan duo bawang. Cara membuat menu ini adalah rebus duo bawang, apabila telah mendidih masukkan daging sapi cincang selama 30 menit.

Lalu iris kentang, wortel dan tomat. Untuk menu ini, blender daging sapi dan tomat yang telah dikukus. Demikian pula dengan kentang dan wortel, lalu saring bahan tersebut hingga tak tersisa. Campur bahan yang telah dihaluskan  dan siap disajikan.

Demikianlah tentang daftar menu cara membuat MPASI bayi 6 bulan yang dapat dipraktikkan. Menu untuk MPASI awal memang bentuknya masih puree karena bayi masih belum bisa mengunyah makanan padat. Diharapkan dengan adanya menu di atas, para ibu akan semakin kreatif.