Bagaimana Faspay Bisa Memperoleh Izin Payment Gateway

278

Sebuah aplikasi yang bisa anda gunakan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan yang dilakukan secara online disebut dengan aplikasi payment gateway. Sudah cukup banyak aplikasi payment gateway yang bisa anda temukan di Indonesia.

Salah satu aplikasi payment gateway yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya mereka yang sering menggunakan transaksi online adalah aplikasi Faspay. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa melakukan transaksi perbankan secara online dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi seperti melakukan pembayaran online atas pembelian barang, pengiriman uang secara online dan lain – lain.

Jadi, untuk menjamin keamanan anda dalam bertrans saksi perbankan, tidak ada alasan lain untuk tidak menggunakan Faspay. Pastikan keamanan dan kenyamanan transaksi perbankan secara online dengan menggunakan Faspay yang notabene sebagai aplikasi penyelenggara payment gateway yang sudah mengantongi izin payment gateway dari Bank Indonesia. Lalu, bagaimanakah aplikasi Faspay tersebut bisa memperoleh izin payment gateway dari Bank Indonesia ?

Ternyata, Faspay sudah melakukan beberapa langkah yang sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia jika ingin memperoleh izin payment gateway tersebut. Berikut ini akan dipaparkan mengenai beberapa hal yang sudah dilakukan oleh Faspay ketika penyelenggara payment gateway tersebut menginginkan izin payment gateway dari Bank Indonesia.

izin payment gateway
Izin Payment Gateway

Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

1. Faspay menyampaikan permohonan izin secara tertulis kepada Bank Indonesia dengan dilampiri dokumen pendukung sesuai ketentuan Bank Indonesia yang berlaku baik APMK, e-money dan Transfer Dana. Permohonan izin disampaikan kepada Bank Indonesia Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran

2. Beberapa dokumen yang dipenuhi oleh Faspay sesuai ketentuan BI adalah sebagai berikut :

  • Profil Perusahaan
  • Foto kopi akta pendirian
  • Konsep pokok hubungan bisnis
  • Hasil analisis bisnis
  • Bukti kesiapan perangkat umum
  • Foto kopi laporan hasil audit IT
  • Prosedur penanganan keadaan darurat
  • Business Continuity Plan
  • Foto kopi rekomendasi DPS
  • Rekomendasi tertulis dari otoritas keuangan

Demikian beberapa hal yang pernah dilakukan oleh Faspay pada saat lembaga tersebut ingin memperoleh izin payment gateway dari Bank Indonesia. Nah, bagi siapapun yang ingin mendirikan sebuah lembaga penyelenggara payment gateway, maka beberapa hal di atas harus bisa dipenuhi agar izin payment gateway dari BI bisa segera anda kantongi.