Faktor yang Mempengaruhi Premi Asuransi Mobil

12

Asuransi mobil saat ini menjadi sebuah kebutuhan bagi pemilik kendaraan. Tidak dapat dipungkiri bahwa asuransi memberikan banyak manfaat dan perlindungan yang jika dihitung secara matematis sangat menguntungkan. Tentu saja keuntungan tersebut jika premi asuransi mobil yang dibayarkan tidak terlalu tinggi dan sesuai kondisi.

Sebagai konsumen, seharusnya Anda mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi premi asuransi mobil yang dimiliki. Ini penting, agar dapat memilih asuransi terbaik. Hal-hal yang mempengaruhinya, yaitu:

Jenis Asuransi

Jenis asuransi yang dipilih mempengaruhi premi asuransi mobil yang harus dibayarkan. Anda harus mengetahui ada asuransi TLO (total loss only) yang hanya membiayai perlindungan dengan kerusakan di atas 75%. Ada pula asuransi komprehensive yang membiayai semua kerusakan berat dan ringan dan asuransi all risk. Asuransi all risk memberikan perlindungan komprehensive ditambah perlindungan terhadap bencana dan kerusakan yang dibuat pihak ketiga.

Premi Asuransi Mobil

Nilai Mobil

Nilai mobil paling berpengaruh pada premi. Premi dihitung berdasarkan rate premi dikalikan nilai atau harga mobil. Nah, rate ini yang diatur oleh OJK sebagai pengatur segala transaksi keuangan di Indonesia dan membuatnya berbeda-beda. Sementara, harga mobil berpengaruh secara langsung.

Tahun Mobil

Tahun dikeluarkannya mobil pertama kali di pasaran mempengaruhi rate premi asuransi. Hal ini berkaitan dengan daya tahan mesin yang mungkin semakin berkurang jika mobil yang diasuransikan adalah mobil tua.

Jenis Nomor Plat

Berdasarkan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terbaru, jenis nomor plat mobil Anda mempengaruhi premi. Misalnya mobil yang berplat B atau mobil keluaran Jakarta akan berbeda rate preminya dengan plat BK dari Sumatera Utara.

Perluasan Premi

Perluasan premi tentu saja berpengaruh pada premi asuransi yang dibayar. Perluasan premi berarti penambahan perlindungan tertentu di luar paket yang ditawarkan pihak asuransi.

Penggunaan Mobil

Hal terakhir yang mempengaruhi premi yang harus dibayarkan untuk asuransi kendaraan adalah penggunaan mobil untuk kepentingan pribadi atau umum, seperti mobil kantor. Penggunaan mobil untuk umum dianggap lebih beresiko sehingga rate premi asuransi akan lebih tinggi.

Itulah 6 faktor yang mempengaruhi premi asuransi mobil. Jika Anda tidak ingin pusing dan kesulitan menghitungnya, langsung saja pilih Autocilin sebagai perusahaan asuransi. Dengan memilih perusahaan ini, perlindungan yang didapat akan memuaskan, pelayanan optimal, dan premi rendah. Jangan tunggu mobil Anda bermasalah, segeralah buka webnya dan mendaftarkan asuransi secara online. Autocilin, mitra asuransi kendaraan terpercaya dan terbaik..