Macam-Macam Perhiasan Tradisional Khas Daerah Di Indonesia

Macam-Macam Perhiasan Tradisional Khas Daerah Di Indonesia

37

Seperti yang kita tahu bahwa negara kita kaya akan budayanya, tidak hanya dari bahasanya tetapi juga perhiasan tradisional. Perhiasan tersebut biasanya dikenakan pada saat merayakan upacara adat termasuk acara pernikahan. Biasanya perhiasan tersebut menjadi pusat perhatian dalam upacara adat karena tidak jarang aksesoris atau perhiasan tersebut merupakan benda turun-temurun yang dianggap sakral.

Setiap daerah memiliki aksesoris tradisionalnya masing-masing, diantaranya:

1. Jawa Barat

Aksesoris tradisional daerah Jawa Barat bisa anda lihat jika mengunjungi sebuah pernikahan dan perhatikan pengantin wanitanya. Biasanya mereka akan dipakaikan perhiasan seperti giwang, kalung tiga susun, kelat bahu naga, gelang kono, mahkota suri dan kembang goyang. Semua jenis perhiasan tersebut, memiliki lambang dan artinya masing-masing. Misalnya mahkota suri yang melambangkan wanita sebagai ratu dan diharapkan memiliki budi pekerti yang luhur dan hati yang mulia.

Seri Nusa Necklace

2. Aceh

Tahukah anda bahwa daerah Aceh merupakan daerah dengan aksesoris tradisional terbanyak. Diantaranya ada keureusang, patam dhoe, peuniti, aceh dan masih banyak. Sama seperti daerah lainnya, aksesoris tersebut dikenakan pada saat upacara pernikahan. Jika dilihat dari desainnya, perhiasan Aceh terpengaruh dari budaya luar negeri seperti India, Arab dan Eropa. Hal ini tidak heran karena sejak dulu aceh menjadi pintu perdagangan dari luar negeri ke Indonesia.

3. Maluku

Seperti yang kita tahu bahwa Maluku penghasil mutiara terbesar di negara kita. maka tidak heran jika aksesoris tradisional daerah ini di dominasi dengan mutiara. Tidak hanya itu ciri khas perhiasan dari Maluku adalah terbuat dari besi putih. Jenis perhiasan dari Maluku diantaranya ada mahkota, kelad bahu, kelad lengan, giwang, anting-anting dan buah baju.

4. Papua

Daerah yang terkenal unik ini memiliki aksesoris tradisional yang unik juga. Meskipun Papua kaya akan emas dan perak, namun aksesoris tradisional dari daerah ini dibuat dari bahan yang unik yaitu sisa tubuh makhluk hidup seperti tulang, kulit, bulu dan gigi. Selain sebagai aksesoris, perhiasan tersebut juga sebagai simbol pangkat dan jimat kepercayaan masyarakat suku Papua.

Itulah berbagai perhiasan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Namun untuk memiliki perhiasan yang indah dan unik, anda bisa mengunjungi The Palace.