Tips Desain Kamar dengan Nuansa Alam yang Tampak Natural

Desain kamar dengan nuansa alam

Kamar tidur merupakan ruangan utama dalam sebuah rumah. Di dalam ruangan ini, Anda akan beristirahat dan melepas lelah setelah aktivitas seharian. Oleh sebab itu, kamar harus didesain dengan baik sehingga menghasilkan kenyamanan yang dibutuhkan. Desain kamar dengan nuansa alam atau tropikal sering dipilih banyak orang ketika ingin mendekorasi kamar tidur.

Gaya tersebut dianggap nyaman karena mampu menciptakan suasana yang segar meskipun hanya di dalam rumah. Suasana yang segar bisa membuat pikiran menjadi rileks dan istirahat lebih berkualitas. Bagi Anda yang berminat dengan nuansa alam atau tropikal, berikut ini ada tips desain kamar tidur dengan nuansa alam yang bisa dicoba:

Desain kamar dengan nuansa alam
Desain kamar dengan nuansa alam

Kamar Terhubung dengan Taman

Jika kamar tidur terhubung dengan taman maka nuansa alam bisa Anda rasakan tanpa perlu repot-repot mendesain kamar. Agar kesan alam lebih terasa lagi, Anda bisa menggunakan kaca sebagai pemisah antara kamar tidur dan taman. Selanjutnya Anda tinggal memilih barang bernuansa alam misalnya seperti bed cover alam, furniture kayu, tanaman hijau di dalam kamar, dan lain-lain.

Menambahkan Tanaman Berdaun Lebar

Menambahkan tanaman berdaun lebih menjadi salah satu cara yang sering digunakan untuk mendesain kamar yang nyaman dan alami. Pilih tanaman yang tepat sehingga rasa nyaman dari tanaman tersebut bisa Anda rasakan. Beberapa tanaman yang bisa dipilih yaitu palm indoor, aglonema, atau tanaman hijau indoor lainnya. Anda juga bisa menambahkan tanaman hias kecil untuk melengkapinya.

Sentuhan Anyaman

Untuk membuat desain kamar dengan nuansa alam, Anda juga bisa menggunakan furniture atau hiasan yang terbuat dari anyaman bambu atau rotan. Saat ini banyak orang yang menjual hiasan yang terbuat dari anyaman misalnya seperti meja dari anyaman, tudung lampu dari anyaman, dan lain-lain. Jangan lupakan tanaman hijau yang indah agar nuansa alam semakin terasa.

Cat Berwarna Hijau Pastel

Jika tidak ingin menambahkan terlalu banyak tanaman di dalam kamar, Anda bisa mencoba menggunakan cat berwarna hijau pastel. Penggunaan warna hijau cerah perlu dihindari karena membuat kamar lebih tampak seperti green screen. Tidak hanya di ruang kamar saja, desain kamar mandi di dalam kamar tidur juga bisa berwarna hijau sekalian.

Dekorasi Pigura

Cara paling murah dan mudah untuk mendapatkan nuansa alam yaitu dengan menempatkan pigura bertema dedaunan di beberapa sudut dinding kamar. Namun sebaiknya tempatkan dekorasi ini secukupnya saja agar tidak terasa berlebihan. Meskipun sudah ada dekorasi ini, Anda tetap harus menempatkan beberapa  tanaman indoor. 

Wallpaper atau Sticker Motif Daun

Dibandingkan mengecat dinding dengan warna hijau, memasang wallpaper atau sticker motif daun sepertinya jauh lebih efektif. Bahkan Anda bisa mengganti-ganti wallpaper atau sticker dinding ketika merasa bosan. Pasang wallpaper atau sticker di beberapa bagian saja dan hiasi bagian lain dengan dekorasi nuansa alam seperti pajangan dinding.

Mural Bertema Dedaunan

Beberapa orang kurang menyukai wallpaper dan sticker dinding karena alasan tertentu. Anda yang juga tidak menyukainya bisa mencoba menggambar mural bertema dedaunan. Gunakan warna yang tidak terlalu mencolok agar terkesan lebih alami.

Itulah tips desain kamar dengan nuansa alam yang bisa Anda coba terapkan. Jika ingin mendapatkan desain kamar desain minimalis lainnya, Anda bisa mengunjungi website Masterumah.id. Tidak hanya desain kamar saja, Anda bisa mendapatkan inspirasi desain lainnya untuk membuat rumah menjadi tampak lebih indah. Ruang inspirasi yang dipersembahkan oleh Semen Tiga Roda ini juga menyediakan fitur Tanya Master untuk Anda yang ingin bertanya langsung pada Master.