Jenis Bahan Bangunan yang Perlu Dipersiapkan untuk Konstruksi

jenis bahan bangunan

Sebelum mulai membangun rumah, tentu yang harus diketahui terlebih dahulu adalah jenis bahan bangunan yang akan digunakan. Setelah itu baru mempelajari tentang harga serta seberapa banyak bahan bangunan yang akan digunakan. Jika informasi ini sudah ada berarti pembangunan rumah sudah bisa dijalankan.

Di bawah ini akan dijelaskan berbagai bahan bangunan yang paling banyak digunakan. Silakan disimak kalau perlu dicatat supaya ada bahan pertimbangan sebelum mulai menghubungi tukang. Ini dia bahan yang dimaksud:

 jenis bahan bangunan
jenis bahan bangunan

1. Batu Fondasi

Jenis bahan bangunan yang pertama adalah batu fondasi. Sesuai dengan namanya maka batu ini biasanya digunakan sebagai dasar bangunan. Untuk tipenya bermacam-macam seperti batu gunung, batu bata dan batu kali.

2. Semen

Bahan bangunan terpenting adalah semen. Karena tanpanya bisa dipastikan bangunan akan roboh karena tidak memiliki daya rekat yang bagus. Oleh sebab itu, semen termasuk bahan bangunan utama yang harus dipersiapkan sebelum fondasi mulai digarap.

3. Pasir

Pembangunan rumah tentu membutuhkan pasir sebagai penguat. Nantinya bahan ini akan dicampur dengan air dan semen lalu diaduk sampai menjadi adonan yang kental. Kalau sudah selesai baru dipasang sebagai lem atau perekat batu bata dan cor.

4. Kayu

Bahan bangunan yang juga harus ada salah satunya adalah kayu. Ini merupakan bahan yang paling mahal apalagi jika kualitasnya sangat tinggi. Yang juga dibutuhkan selain kayu adalah bambu yang nantinya akan dipakai tukang ketika mulai membangun rumah.

5. Genteng

Genteng adalah bahan bangunan yang dijadikan sebagai penutup atas. Biasanya genteng dibeli jika pembangunan rumah sudah hampir selesai dan tinggal penghalusan saja. Sedangkan tipenya juga banyak bahkan genteng baja juga ada.

6. Kerikil atau Batu Pecah

Kerikil atau batu pecah adalah jenis bahan yang perlu dipersiapkan. Umumnya bahan ini dipakai untuk cor agar kerekatannya semakin bagus dan maksimal. Karena jika cor tidak rekat, khawatir bangunan akan roboh dan bisa membahayakan para pekerja bahkan penghuni rumah.

Dari semua jenis bahan bangunan di atas, semen merupakan bahan yang paling vital. Maka dari itu, silakan gunakan Semen Tiga Roda saja yang kualitasnya sangat bagus. Apalagi orang di Indonesia sudah banyak yang menggunakannya