5 Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Lulusan Jurusan Teknik Informatika

jurusan Teknik Informatika

Semua mahasiswa pasti ingin segera bekerja secepatnya begitu lulus kuliah. Sayangnya mendapatkan pekerjaan di zaman sekarang ini tidaklah mudah. Lulusan dari semua jurusan, termasuk jurusan Teknik Informatika, harus berusaha keras untuk bisa langsung kerja setelah lulus. Lalu, seperti apa cara yang bisa dilakukan agar bisa langsung bekerja secepatnya?

Tips Cepat Kerja

jurusan Teknik Informatika
jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika sebenarnya merupakan salah satu jurusan yang peluang kerjanya sangat menjanjikan. Lulusan dari jurusan ini juga tergolong mudah dapat kerja asalkan mau berusaha dengan cara yang benar. Berikut adalah 5 tips cepat dapat kerja bagi lulusan dari jurusan ini:

  1. Tingkatkan Kemampuan

Langkah pertama yang bisa dilakukan setelah lulus adalah tingkatkan kualitas skill yang dimiliki. Poin yang satu ini sangatlah penting karena semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga kerja yang punya skill. Jika Anda merupakan lulusan dari Teknik Informatika, maka ikutilah program pelatihan yang bisa meningkatkan kemampuan di bidang ini.

Bidang informatika itu sendiri begitu luas dan tentu saja sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Sangatlah penting untuk terus meningkatkan skill sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada di masa kini. Semakin beragam skill yang dimiliki, semakin besar juga peluang dapat pekerjaan dengan mudah.

  1. Perluas Koneksi

Jangan malas untuk memperluas koneksi demi cepat dapat kerja setelah lulus kuliah. Langkah ini menjadi salah satu senjata ampuh untuk mendapatkan pekerjaan di tengah kondisi sekarang. Sejak kuliah, cobalah untuk memperluas koneksi dengan mengikuti beragam jenis kegiatan dari kampus.

Ikutilah program kursus, bergabung dengan kompetisi tertentu, dan lain sebagainya. Cara-cara ini juga dapat dilakukan untuk memperluas koneksi Anda. Semakin banyak orang yang dikenal, semakin luas juga koneksi yang dimiliki. 

  1. Rajin Cari Informasi

Jika ingin cepat dapat kerja setelah lulus kuliah maka rajinlah mencari informasi. Jangan malas untuk membuka informasi lowongan pekerjaan yang tersedia saat ini. Anda tentu akan sangat dimudahkan dengan kemajuan teknologi saat ini apalagi akses informasi semakin mudah dan cepat. Tak sulit untuk mencari informasi lowongan pekerjaan di zaman sekarang.

Manfaatkan juga berbagai platform lowongan pekerjaan. Buatlah akun dan daftar di berbagai jenis platform. Cara ini juga akan sangat membantu Anda untuk memperoleh pekerjaan lebih cepat setelah selesai kuliah.

  1. Magang sebelum Lulus

Mahasiswa dari jurusan Teknik informatika biasanya memiliki banyak tawaran untuk magang di suatu perusahaan. Jika ada kesempatan magang maka jangan ragu untuk mengambilnya. Kesempatan magang ini bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan skill dan memperbesar peluang untuk berkarir di masa depan. Mahasiswa yang pernah ikut magang biasanya akan lebih mudah dapat pekerjaan nantinya.

  1. Ikuti Beragam Program

Jangan ragu untuk mengikuti beragam jenis program seperti job fair. Ikutilah beragam program yang berhubungan dengan pembukaan lowongan pekerjaan. Semakin aktif maka akan semakin besar juga peluang untuk cepat dapat kerja setelah lulus. 

Informasi mengenai program-program peluang kerja bagi mahasiswa biasanya akan disampaikan oleh pihak kampus. Jangan malas untuk mencari informasi baik itu dari kampus atau informasi dari sumber lainnya. Selama ada kesempatan, jangan ragu untuk mencobanya karena siapa tahu kesempatan itu membawa Anda ke profesi yang selama ini diinginkan.

Itulah 5 tips agar bisa cepat mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah. Jika ingin berkuliah di jurusan Teknik Informatika, cobalah untuk mengambil di STMIK IDS College. Kampus ini menawarkan program Teknik Informatika yang berkualitas dan sudah meluluskan banyak mahasiswa berpotensi.