Persiapan Penting Untuk Seserahan Lamaran Yang Berkesan

cincin lamaran

Sebelum memasuki pernikahan dalam adat kebiasaan yang ada di Indonesia diawali terlebih dahulu dengan prosesi lamaran. Adanya lamaran ini menjadi bagian penting karena bisa menjadi penentu jadi tidaknya suatu pernikahan. Adanya lamaran sebagai bentuk awal dalam menyampaikan keseriusan dari pihak lelaki dalam meminang pujaan hatinya dan apakah diterima atau tidak lamaran yang dilakukan.

Jika diterima biasanya akan langsung ditentukan kapan untuk acara selanjutnya yaitu pernikahan. Mengingat pentingnya lamaran yang dilakukan maka sudah sewajarnya mempersiapkan cincin lamaran sehingga keseriusan dalam membangun rumah tangga benar-benar dilakukan.

cincin lamaran
cincin lamaran

Dalam seserahan lamaran hampir sama dengan seserahan saat pernikahan, sebab itu berbagai persiapan penting dilakukan supaya acara bisa berjalan sesuai dengan harapan dan meninggalkan kesan yang baik untuk keluarga perempuan. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan dalam seserahan lamaran ini? Berikut kami bahas beberapa diantaranya untuk anda.

  1. Persiapan untuk budget yang dimiliki. Karena saat lamaran pihak pria membawa berbagai barang bawaan sebagai seserahan untuk istri maka budget yang dimiliki tentunya harus memadai. Tidak harus selalu besar akan tetapi bisa memberikan yang terbaik dan memang sesuai dengan kebutuhan calon istri kedepannya. Dari itu untuk budget sendiri sebaiknya dirinci dari awal untuk membeli barang apa saja yang akan dibawa, makanan, jasa fotografer, dan yang lainnya. Pastikan anda bias mengontrol pengeluaran dengan baik dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.
  2. Makanan. Keperluan untuk makanan menjadi salah satu bagian penting yang harus ada dalam acara lamaran, dari itu persiapan mulai dari menu yang akan disajikan, bahan-bahan, sampai dengan berapa biaya yang harus dikeluarkan diperhitungkan jauh hari sebelumnya. Untuk setiap daerah biasanya memiliki menu makanan khas daerahnya masing-masing sehingga tidak ada aturan tertentu untuk makanan tertentu. Selain makanan berat untuk makan bersama, makanan seperti buah-buahan atau juga kue bisa menjadi pilihan. 
  3. Tamu undangan. Walaupun acara lamaran akan tetapi tetap saja yang namanya tamu undangan pasti ada, akan tetapi berbeda saat pernikahan yang tamunya lebih banyak saat acara lamaran biasanya cukup terbatas kepada kerabat dekat atau sahabat. Banyak atau sedikitnya tamu yang diundang berpengaruh pada yang lainnya terutama makanan yang harus dipersiapkan. Dari itu untuk tamu undangan ini sebaiknya dibicarakan dengan pasangan sebelumnya untuk menentukan banyaknya undangan.
  4. Seragam. Tentunya akan terasa lebih spesial saat acara lamaran dengan menggunakan pakaian seragam untuk anggota keluarga. Jika budget yang dimiliki cukup maka bisa dipersiapkan dari awal seragam seperti apa yang akan dikenakan nanti. Akan tetapi jika terlalu mepet dengan waktu bisa disiasati dengan menggunakan pakaian yang memiliki warna senada sehingga terlihat kompak. Pilihannya bisa dengan batik untuk anggota keluarga pria dan kebaya untuk anggota keluarga wanita. 
  5. Cincin lamaran. Kurang lengkap rasanya jika seserahan lamaran tanpa adanya cincin lamaran. Adanya cincin sebagai simbol pengikat hubungan menuju jenjang pernikahan sekaligus pertanda telah dipersunting. Dari itu persiapan untuk cincin perlu dilakukan jauh hari sebelumnya dengan memperhatikan bahan material cincin, model, desain, dan juga ukurannya yang sesuai untuk pasangan.

Khusus untuk mempermudah dalam memilih cincin lamaran dapat dilakukan dengan memilih koleksi cincin lamaran yang ada di Miss Mondial & Mondial. Disini tersedia secara lengkap berbagai koleksi perhiasan seperti untuk lamaran, pernikahan, hadiah ulang tahun, atau yang lainnya dengan desain dan model yang terbaru.