7 Tips Merawat Truk Andalan Mitsubishi Fuso Agar Selalu Bertenaga

Truk Andalan Mitsubishi Fuso

Kendaraan muat merupakan kendaran kerja yang tidak jauh memiliki keperluan seperti perawatan mesin tentunya agar selalu dalam keadaan prima kuat dan tahan lama. Seperti halnya Truk Andalan Mitsubishi Fuso yang juga memerlukan perawatan agar mesin selalu dalam keadaan prima dan selalu bandel saat digunakan.

Perawatan yang diperlukan truk Fuso tidak jauh berbeda dengan kendaraan pada umumnya, mungkin perbedaannya hanya terdapat pada sistem pembakarannya yang menggunakan bensin dan solar. Pada ulasan kali ini kami akan memberikan tips perawatan sederhana yang dapat membuat mesin selalu bertenaga, prima, bandel dan bikin awet tentunya, dari pada penasaran yuk simak tipsnya di bawah ini hingga usai. Berikut ulasannya:

1.      Selalu Memperhatikan Tachometer

Hal pertama yang paling sederhana untuk merawat truk Mitsubishi fuso adalah selalu memperhatikan tachometer, hal ini harus selalu diperhatikan sopir truk saat berkendara untuk mengukur RPM, yang berfungsi agar RPM tidak berlebihan dan irit bahan bakar.

2.      Melakukan Pemeriksaan Berkala

Pemeriksaan sederhana secara berkala atau setiap hari sangat perlu dilakukan, seperti pemeriksaan aerator, tekanan angin pada ban, sistem pengereman dan komponen lainnya yang merupakan sistem keamanan dan pendukung kenyamanan saat berkendara, hal ini dapat Anda lakukan sembari memanaskan mesin atau saat membersihkannya.

3.      Menggunakan Oli Mesin Rekomendasi

Truk Andalan Mitsubishi Fuso

Meskipun di pasaran memiliki banyak merek oli mesin sebaiknya gunakanlah oli mesin yang merupakan rekomendasi perusahaan, hal ini perlu dilakukan karena oli rekomendasi perusahaan sudah dihitung dan diteliti sesuai kebutuhan pelumasan mesin, dan pasti akan berpengaruh terhadap putaran dan sistem kerja mesin saat digunakan.

4.      Selalu Memanaskan Mesin Sebelum Digunakan

Hal ini mungkin cukup sepele, namun cara ini dapat membuat mesin Truk Andalan Mitsubishi Fuso selalu dalam keadaan prima, pemanasan mesin juga berguna agar mesin tidak kaget saat digunakan yang berfungsi untuk meratakan sistem pelumasan mesin sebelum bekerja semakin berat.

5.      Kontrol Baterai Aki

Selanjutnya adalah selalu mengontrol keadaan baterai Aki pada truk, jika perlu daya aki pada truk bisa ditambah, hal ini berguna untuk penggunaannya saat berkendara jarak jauh untuk mendukung sistem dan fasilitas tambahan di dalam kabin truk, seperti sound system, dan elektronik lainnya sebagai penghilang penat dan capek dalam perjalanan, selain itu pemeriksaan rutin aki juga berguna untuk mengantisipasi baterai aki tekor yang dapat mengganggu perjalanan dan pekerjaan.

6.      Selalu Isi Solar Ketika Tersisa 1/3 Dari Kapasitas

Berikutnya adalah selalu rutin isi bahan bakar maksimal setelah tersisa 1/3 dari kapasitas, hal ini berguna untuk merawat system injection pump pada tangki, terlebih pada bahan bakar solar, karena jika bahan bakar dibiarkan hingga kosong maka akan berakibat pengembunan yang nantinya dapat merusak seluruh komponen filtrasi solar. Nah agar tidak terjadi hal seperti demikian selalu cek sisa bahan bakar, dan rutin isi maksimal setelah tersisa 1/3 dari kapasitas full tangki bahan bakar.

7.      Selalu Cek Kebersihan Filtrasi

Selalu cek filtrasi udara dan filtrasi solar, untuk filtrasi udara sebaiknya selalu rutin membersihkannya ketika minimal perjalanan 20Km, hal ini berguna agar sirkulasi udara mesin selalu lancer dan membuat mesin selalu prima dan bandel.

Dan untuk filtrasi solar seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 6, jika Anda pernah membiarkan tangki kosong karena sesuatu yang tidak dapat dihindari, entar karena perjalanan jauh hingga hampir kehabisan bahan bakar di perjalanan, Anda harus segera cek kondisi filtrasi untuk mengantisipasi terjadi kotor yang dapat menyumbatnya atau menggantinya setelah melakukan perjalanan 10.000 Km.

Nah itu dia 7 tips mudah merawat Truk Andalan Mitsubishi Fuso agar selalu dalam keadaan prima, semoga ulasan ini bermanfaat. Terimakasih.