Contoh Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Dalam Bidang Pendidikan

220

Teknologi merupakan kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia. Teknologi secara signifikan memengaruhi manusia serta kemampuan spesies hewan lain untuk mengendalikan dan beradaptasi dengan lingkungan alami mereka. Salah satu jenis teknologi yang ada saat ini dan cukup banyak lembaga yang menggunakannya adalah teknologi pendidikan.

Ya, teknologi pendidikan merupakan jenis teknologi yang dapat memfasilitasi proses kegiatan belajar mengajar demi meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan dan mengelola proses dari teknologi yang memadai, baik itu teknologi dalam bentuk hardware ataupun software.

Teknologi pendidikan tersebut sudah seharusnya diterapkan oleh sebuah lembaga pendidikan yang tengah melaksanakan proses belajar mengajar guna meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan sehingga akan melahirkan lulusan – lulusan yang memiliki kualitas intelektual yang tinggi

Ada beberapa contoh pemanfaatan teknologi pendidikan dalam bidang pendidikan saat ini. Adapun beberapa contoh tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pembelajaran berbasis komputer. Dalam bidang pendidikan pengenalan teknologi satu ini sangat penting, karena banyak sekali manfaat yang bisa diberikan oleh komputer. seperti untuk mengelola file tulisan dan sebagainya.Banyak model pembelajaran berbasis komputer, diantaranya adalah Computer Based Instruction (CBI).Computer Assisted Intsruction (CAI), ICT, Computer Based Training (CBT) dan Computer Based Education (CBE).
  2. E-learning. E-learning adalah sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi komputer dan internet sebagai media pembelajaran. siswa dapat mengakses materi pelajaran baik itu berupa video, gambar, teks ataupun suara dimana saja tanpa harus bertatap muka dengan pengajar.
  3. Blended learning. Blended learning merupakan metode pembelajaran yang mencampurkan pertemuan tatap muka pengajar dan muridnyasecara online. tanpa terbatas jarak.
  4. Perpustakaan digital. Tujuan dari perpustakaan digital adalah  untuk memberikan kelancaran dalam proses pengembangan yang sistematis dengan cara menyimpan, mengumpulkan, dan mengorganisasi pengetahuan dan informasi dalam format digital.
  5. Teknologi pendidikan sebagai alat pendukung kbm. Proses belajar mengajar tidak melulu pengajar mengajar menyampaikan bahan ajar melalui lisan. Namun bisa juga menggunakan video, gambar atau materi yang dibuat menggunakan komputer atau laptop. Kemudian ditampilkan lagi menggunakan teknologi berupa proyektor agar objek lebih besar dan dapat dilihat oleh semua siswa.