Kerusakan akibat tidak sadar kesehatan lingkungan hidup

kesehatan lingkungan

Lingkungan hidup perlu sekali dilestarikan, sebab dengan melestarikan lingkungan hidup maka kehidupan kita akan lebih nyaman. Sebab lingkungan yang tidak lestari lambat laun akan mengganggu kelangsungan hidup manusia pula.

Namun sayangnya, sekarang ini tidak semua orang sadar akan kesehatan lingkungan  hidup. Beberapa kondisi menunjukkan kerusakan yang diakibatkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat akan lingkungan. Misalnya adalah bencana alam seperti banjir dan lain sebagainya, namun, kerusakan lingkungan juga selaras dengan kemajuan hidup manusia yang mengarah pada masa modern.

Beberapa hal ini adalah kerusakan lingkungan hidup yang diakibatkan oleh kemajuan peradaban manusia, di antaranya adalah :

  • Meningkatnya polusi

Polusi semakin meningkat itu jelas terlihat dari bagaimana kondisi udara yang semakin kotor. Hal ini diakibatkan banyaknya kegiatan industri yang menghasilkan asap ke udara. Dan semakin meningkatnya kegiatan industri tersebut maka semakin tinggi pula jumlah asap pabrik di udara. Dan ini menjadikan kondisi udara di perkotaan menjadi panas dan udaranya tidak segar. Polusi udara juga diakibatkan oleh semakin banyaknya kendaraan bermotor.

Hal ini terlihat dari bagaimana keadaan jalanan yang semakin padat dan kemacetan terjadi di mana mana. Dari kendaraan juga selain polusi udara juga ada  polusi suara yang diakibatkan oleh suara bising dari kendaraan bermotor tersebut. Adapun polusi lain yang diakibatkan oleh industri pabrik adalah polusi di air karena limbah dari pabrik akan menyebabkan pencemaran pada air.

  • Semakin berkurangnya lahan hijau dan lahan serapan air

Kemajuan peradaban manusia juga menjdikan kehidupan manusia, maka semakin banyak pula lahan tanah yang dijadikan tempat hunian, sebab setiap tahunnya permintaan akan hunian semakin meningkat. Dan hal ini menyebabkan semakin berkurangnya lahan hijau yang ditanami pepohonan dan juga lahan serap air, maka tidak heran jika bencana banjir di mana mana.

Itulah beberapa kerusakan alam yang diakibatkan oleh kemajuan epradaban manusia dan juga kurangnya kesadaran masyarakat akan kesehatan lingkungan  hidup. Maka dari itu hendaklah kita menjaga kesehatan dari lingkungan hidup kita.