Tugas Menteri Dalam Pengembangan Industri Farmasi

pengembangan industri di indonesia

Salah satu peran menteri di Indonesia yaitu melancarkan berbagai urusan yang terkait dengan negara dan memiliki wewenang untuk mengatur jalannya penataan negara dalam berbagai bidang. Khususnya dalam hal pengembangan industri di Indonesia. Dari membuat perencanaan, melaksanakan tugas, melaksanakan pengecekan tindakan, hingga memantau dampak dari aktivitas yang telah dilakukan menjadi tanggung jawab dari setiap menteri di Indonesia.

Tak heran jika kebanyakan menteri di Indonesia dipilih berdasarkan kualitas dari kinerja menteri tersebut, sebab bagi sebuah negara menteri sangat berperan penting bagi kelancaran jalannya perkembangan negara khususnya dalam pengembangan industri sendiri.

pengembangan industri di indonesia
                                                       pengembangan industri di indonesia

Hal itu dikarenakan sektor industri di Indonesia sudah menjadi salah satu sektor terkuat bagi negara dalam membantu perekonomian negara. Maka dari itu, hingga saat ini sudah banyak UU negara yang mengatur tentang penetapan menteri dan juga tugasnya dalam hal penyelenggaraan pengembangan industri di Indonesia.

Salah satu contohnya yaitu UU yang dikeluarkan oleh presiden yang berupa Instruksi Presiden tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan di Indonesia.

Tugas Berbagai Menteri Terkait Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan di Indonesia

Banyak sekali menteri di Indonesia yang ditetapkan oleh presiden guna untuk mengatur kelancaran industri di Indonesia. Khususnya dalam bidang industri farmasi dan alat kesehatan. Berikut beberapa menteri beserta tugasnya yang berkaitan dengan pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan di Indonesia

  • Menteri Kesehatan

Menteri kesehatan berwenang dan bertugas dalam merencanakan aksi pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan hingga, melaksanakan pengadaan produk farmasi dan alat kesehatan, hingga menyederhanakan sistem dan proses perizinan dalam hal pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan

  • Menteri Keuangan

Bertugas dalam merumuskan kebijakan insentif fiskal yang mendukung tumbuh dan berkembangnya industri farmasi dan alat kesehatan.

  • Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Bertugas dalam mengkoordinasi penelitian dan pengembangan sediaan farmasi dan alat kesehatan yang berorientasi terhadap kebutuhan dan pemanfaatan hingga pengembangan riset terhadap fasilitas farmasi dan alat kesehatan.

  • Menteri Perdagangan

Bertugas dalam merumuskan kebijakan perdagangan dalam negeri hingga memfasilitasi promosi sediaan farmasi dan alat kesehatan.

  • Menteri Pertanian

Bertugas menetapkan kebijakan pengembangan dan peningkatan ketersediaan bahan baku untuk memenuhi ketersediaan farmasi dan alat kesehatan.

Demikian beberapa informasi mengenai peran dari menteri Indonesia kaitannya dalam pengembangan Industri di Indonesia. Tentunya, Menteri Indonesia bukanlah dipilih karena kemampuannya saja, pengalaman yang sangat spesifik menjadi salah satu syarat menjadi Menteri di Indonesia, sebab dari hal tersebut dapat diketahui bahwa tugas menteri tidaklah mudah bukan.