Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19

Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19

Bagi  masyarakat yang terbiasa beraktivitas di luar rumah tentu kondisi seperti ini memberikan banyak dampak. Banyak di antaranya yang merasa tertekan, sedih, khawatir, marah, bingung dan juga depresi. Apa yang dirasakan merupakan kondisi normal ketika hidup dalam situasi epidemi seperti ini.

Kondisi tersebut tidak bisa diabaikan begitu saja karena bisa mengganggu kesehatan mental. Supaya kesehatan mental tetap terjaga sebaiknya selalu menjaga pikiran tetap jernih.Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi stress selama pandemi Covid-19 ini.

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi 

1.Tetap Menjaga Hubungan Baik dengan Orang-orang yang Disayangi 

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang disayangi. Anda bisa memanfaatkan keberadaan telepon, e-mail, Whatsapp Atau media sosial lainnya. Tujuannya untuk saling menguatkan dan juga memberi motivasi selama menjalani masa sulit seperti saat ini.

  1. Saling Mendengarkan atau Sharing 

Salah satu kebutuhan mendasar dari manusia adalah mendengarkan ataupun didengarkan. Bagi Anda yang memiliki masalah atau sesuatu yang mengganjal bisa menceritakannya kepada orang yang dipercayai. Ceritakan semua perasaan Anda serta bagilah  suasana hati dengan keluarga, teman ataupun orang yang dikasihi.

  1. Menggunakan Sumber Terpercaya untuk Mendapatkan Informasi tentang Covid-19

Kemajuan teknologi seperti saat ini memberikan dampak positif dan juga negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah banyak beredarnya berita hoax. Maka dari itu, tidak semua informasi mengenai Covid-19 bisa dianggap benar.Maka dari itu, carilah informasi yang tepat dari sumber terpercaya, seperti situs web Kementerian Kesehatan, WHO ataupun Dinas Kesehatan. 

  1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat 

Saat sedang di rumah saja disarankan untuk selalu menjaga tubuh tetap sehat dengan menerapkan gaya hidup sehat. Atur pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi. Selain itu, jangan lupa untuk mengatur pola tidur Anda dan istirahat yang cukup. Selalu rutin olahraga dan melakukan aktivitas fisik.

  1. Kurangi Waktu untuk Menonton, Membaca atau Mendengarkan Berita yang Meresahkan

Saat berada di rumah sebaiknya mengurangi aktivitas untuk menonton, membaca dan juga mendengarkan berita yang meresahkan. Ganti aktivitas tersebut dengan bacaan dan juga tontonan yang menghibur hati Anda dan keluarga. Ceritakan hari-hari selama di rumah dengan hal-hal yang menyenangkan dan juga menenangkan hati.

  1. Tidak Perlu Panik, Cucilah Tangan dengan Sabun 

Menggunakan sabun dan juga air bisa dibilang sudah cukup karena sabun bisa menembus lapisan lemak virus, lalu menghancurkannya. Aliran air kemudian akan menghanyutkan debu dan juga sisa-sisa virus yang telah dihancurkan tersebut. Anda tidak perlu panik mencari maupun membeli cairan antiseptik handrub yang harganya sangat mahal.

  1. Selalu Disiplin dan Menjadi Pelindung Kehidupan 

Meski Hidup di negara khatulistiwa yang panas dan juga lembap, bukan berarti penyebaran virus Covid-19 tidak bisa menyerang. Faktanya penyebaran virus ini tidak terpengaruhi oleh cuaca, bahkan bisa bertransmisi di semua area. Maka dari itu, jangan lupa untuk memakai masker, hindari keramaian, menerapkan social distancing, jangan piknik, jangan mudik dan sebagainya. Lindungi kehidupan keluarga, orang lain yang kita cintai di kampung halaman.

  1. Bahagiakan Hati dengan Membantu Orang Lain 

Mulailah bersimpati atau empati kepada orang lain dengan cara mulai memikirkan orang lain dan bagaimana membantunya. Gunakanlah kemampuan yang dimiliki untuk membantu orang lain. Donasi sekecil apapun yang diberikan tidak akan luput dari perhitungan-Nya.

  1. Saling Mendoakan 

Dalam masa pandemi ini jangan lupa untuk selalu berdoa, memohon supaya keluarga selalu diberikan kesehatan serta dijauhkan dari penyakit. Doakan juga pasien, teman, petugas medis, san semua orang supaya selalu diberikan kesabaran, ketenangan maupun kekuatan dalam menghadapi pandemi ini. Mintalah mohon supaya pandemi ini bisa segera berakhir.  

  1. Jika Sudah Tidak sanggup, Hubungi Tenaga Kesehatan Profesional 

Apabila Anda merasa sudah tidak sanggup dengan situasi seperti ini, sebaiknya segera menghubungi tenaga kesehatan profesional. Ada banyak hotline yang bisa dihubungi untuk sekedar melakukan konsultasi dengan tenaga profesional, seperti dokter, psikolog klinis, psikiater dan dokter spesialis kejiwaan.

Anda juga bisa mengunjungi situs kesehatan Halodoc sebagai media konsultasi seputar kesehatan mental dalam menghadapi pandemi ini. Halodoc bisa menjadi media yang efektif dan mudah dijangkau dalam waktu yang cepat. 

Nah itulah 10 tips menjaga kesehatan mental selama pandemi Covid-19 ini. Bisa dibilang tips-tips yang disampaikan di atas sangat mudah untuk dilakukan. Semoga tips yang disampaikan bisa memberikan banyak manfaat.