Jenis Makanan untuk Anak Hiperaktif

anak hiperaktif

Bicara mengenai anak hiperaktif, sebenarnya kondisi ini bukanlah suatu hal yang harus dibuat susah para orang tua. Pasalnya, anak yang hiperaktif memang tidak bisa diam, namun terkadang kreatifitasnya melebihi batas dan bisa menjadi anak-anak yang hebat. Hanya saja, dibutuhkan perhatian khusus pada tumbuh kembang mereka, misalnya pada pola makan. Yuk, simak beberapa jenis makanan yang wajib dikonsumsi anak ADHD agar perkembangannya terjaga.

Makanan yang Disarankan untuk Anak Hiperaktif

anak hiperaktif
anak hiperaktif

source: https://www.dancow.co.id/dpc//sites/default/files/2018-08/65edcaa1251d778bb7a0f37bf06eb323354b8b31_0.jpeg

ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder adalah suatu gejala dimana anak sulit untuk diam dan cenderung aktif bergerak. Anak-anak yang cukup hiperaktif ini biasanya akan mudah dialihkan fokusnya karena banyak hal yang menjadi perhatiannya. Memiliki anak hiperaktif tidak perlu dibuat resah. Salah satu cara terbaik merawat mereka adalah dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsinya. Adapun beberapa jenis makanan tersebut antara lain :

  1.     Telur

Anak yang hiperaktif memang paling pas jika mengkonsumsi telur dalam asupan hariannya. Hal ini karena telur memiliki sumber Protein tinggi dan dapat meningkatkan kinerja otak anak. Dengan begitu, konsentrasi anak akan meningkat dan aktivitasnya tidak begitu banyak.

  1.     Omega-3

Selain telur yang kaya Protein, makanan yang mengandung Omega-3 sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak Anda yang hiperaktif. Hal ini karena Omega-3 mampu meningkatkan kecerdasan otak si kecil sehingga fokusnya tetap terjaga.

Namun rupanya, tidak semua jenis ikan mengandung Omega-3. Beberapa jenis ikan yang disebut mengandung Omega-3 adalah Ikan Salmon, Ikan Sarden, dan Ikan Kembung. Adapun beberapa jenis ikan yang tidak mengandung zat ini dan malah beresiko mengandung merkuri adalah Ikan Todak dan Ikan Makarel. Untuk Anda ketahui, merkuri dilarang dikonsumsi anak ADHD karena dapat meningkatkan kehiperaktifan mereka.

  1.     Susu

Terakhir, Anda bisa memberikan susu kepada si kecil yang hiperaktif. Susu dikenal mengandung Protein, Mineral, hingga Kalsium yang bagus untuk pertumbuhan tulang, perkembangan anak, dan juga menjaga sistem saraf. Dengan minum susu, maka anak yang cenderung hiperaktif bisa lebih fokus pada satu kegiatan. Salah satu merk susu yang menjadi andalan dan wajib dikonsumsi adalah Susu Dancow.

Demikian ulasan mengenai beberapa jenis makanan yang wajib dikonsumsi anak agar fokus dan perkembangannya terjaga. Semoga ulasannya bermanfaat.