3 Manfaat Kolin untuk Tumbuh Kembang Anak

Nutrisi lengkap dan bergizi merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal. Bukan hanya untuk pertumbuhan fisik saja, namun nutrisi juga penting untuk perkembangan otak. Salah satu jenis nutrisi yang penting untuk perkembangan otak adalah kolin. Biasanya nutrisi ini terkandung dalam produk susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas. Ada tiga manfaat penting dari kolin untuk otak anak, di antaranya yaitu:

Memori Jangka Panjang

Memori atau daya ingat berhubungan dengan bagaimana sebuah informasi bisa diingat dalam jangka waktu yang lama. Bagi otak manusia, kolin diibaratkan seperti makanan. Kolin memberikan dukungan bagi pertumbuhan otak di masa emas tumbuh kembang anak. 

Asupan kolin yang cukup untuk Si Kecil membantu memberikan fungsi memori yang lebih baik. Bukan hanya untuk daya ingat saja, kolin juga berguna untuk memproses informasi serta meningkatkan konsentrasi. Karena hal tersebut, memori Si Kecil bisa bertahan dalam jangka waktu panjang.

Perkembangan Saraf

Manfaat kolin selanjutnya bagi anak yaitu untuk perkembangan sistem saraf pusat. Sistem saraf pusat merupakan bagian yang sangat penting. Pasalnya sistem saraf pusat bekerja untuk mengatur serta mengendalikan koordinasi otak dengan bagian tubuh lain.

Sistem saraf pusat juga berguna dalam detak jantung, pergerakan otot, serta membantu fungsi bagian dasar tubuh lainnya. Artinya, koordinasi otak dan tubuh yang baik dipengaruhi oleh asupan kolin yang didapatkan oleh Si Kecil.

Pembentukan Otak

Para ahli merekomendasikan Ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan kolin setiap hari. Melalui hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kolin adalah nutrisi yang penting, bahkan sejak anak masih dalam kandungan. Kolin dibutuhkan oleh Ibu hamil untuk membantu perkembangan sel, termasuk sel otak janin.

Kebutuhan kolin selanjutnya harus terpenuhi hingga beberapa tahun usia Si Kecil. Pasalnya di awal kehidupannya, perkembangan otak berlangsung dengan pesat. Oleh sebab itu, dibutuhkan nutrisi yang penting untuk otak seperti kolin.

Itulah beberapa manfaat kolin yang perlu Anda ketahui. Anda bisa memenuhi asupan kolin melalui makanan serta dilengkapi susu pertumbuhan. Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Indonesia hadir dengan produk varian  susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (susu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.