Pilihan Resep Mpasi 6 Bulan Pertama Si Kecil

Si Kecil sudah berusia 6 bulan dan siap untuk MPASI? Apakah Mom merasa panik dengan kondisi ini? Sebaiknya jangan ya karena menyiapkan MPASI bukan satu hal yang rumit bahkan bahan yang digunakan pun tidak harus mahal. Namun, cukup menggunakan sumber bahan makanan yang memang umum disantap sehari hari bersama keluarga. Hanya saja, saat disajikan jelas berbeda terlebih dari segi tekstur. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan anak belumlah sebaik orang dewasa. Penasaran dengan resep mpasi 6 bulan pertama?

Bubur beras putih

Sebagai saran, tidak ada salahnya Mom memberikan menu tunggal terlebih dahulu di awal pengenalan. Tujuannya adalah agar si kecil mengenal rasa sekaligus mengantisipasi jika ternyata si kecil mengalami alergi. Untuk itu, pilihan jatuh pada bubur beras putih dikarenakan beras mengandung karbohidrat yang memang dibutuhkan untuk menyuplai energi. Selain itu, rasanya juga cukup gurih sehingga disukai anak.

Bubur wortel

Resep mpasi 6 bulan pertama adalah bubur wortel yang dicampur dengan bubur nasi . Wortel ini sendiri mengandung vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata si kecil. Nah, dengan perpaduan keduanya maka kebutuhan akan vitamin dan karbohidrat terpenuhi dengan baik.

Bubur ayam wortel

Jika kedua jenis makanan tersebut tidak menimbulkan alergi maka menu selanjutnya adalah menambahkan satu bahan baru yaitu ayam. Adapun daging ini mengandung sumber protein hewani dan lemak yang sangat bagus untuk bayi.

Bubur hati tempe

Selanjutnya, jika si kecil tidak mengalami alergi maka Mom bisa menambahkan aneka bahan lainnya. Misalnya saja memberikan hati ayam yang sangat bagus untuk memenuhi gizi anak. Atau, bisa juga dengan menambahkan tempe yang mengandung protein nabati.

Nah, dengan perpaduan beberapa bahan tersebut maka kebutuhan akan protein, karbohidrat maupun lemak bisa membuat tumbuh kembang anak lebih optimal. Dan jangan lupa, saat memberikan MPASI ini pastikan untuk memperhatikan tekstur. Ya, Mom harus menyesuaikan resep mpasi 6 bulan pertama dengan usia si kecil agar anak bisa menyantapnya dengan lahap.