Produk PT Kaltim Parna Industri

PT Kaltim Parna Industri

Bagi sebagian orang pasti sudah ada yang tahu dengan perusahaan yang bernama PT Kaltim Parna Industri atau KPI, mungkin pernah baca di internet, berita ataupun majalah ekonomi dan bisnis. Perusahaan ini bergerak di bidang industri petrokimia yang telah memproduksi Anhydrous Ammonia atau disebut dengan amonia, yang mana bahan bakunya adalah gas bumi, perusahaan ini memproduksi hingga 1.500MT per harinya yang telah beroperasi di kawasan industri PT Kaltim Industri Estate atau PT KIE Kota Bontang Kalimantan Utara.

Perusahaan ini juga berdiri diatas lahan yang cukup luas serta berbagai fasilitas pendukung lainnya yaitu sekitar kurang lebih 8 hektar, dengan kantor perwakilannya yang berlokasi di Menara Imperium Lantai 2, Jl. Rasuna Said Kavling 1, Jakarta Selatan. Bagi perusahaan ini memang dalam membangun bisnisnya tidak setengah-setengah dan selalu memberikan kontribusi positif bagi pihak-pihak yang bersangkutan untuk meningkatkan kualitas perusahaan hingga merekrut sumber daya manusia yang berkualitas dapat bekerja di perusahaan tersebut. PT Kaltim Parna Industri ini memiliki produk yang dihasilkan adalah Amonia, yang mana digunakan secara komersial yang disebut dengan amonia anhidrat. Istilah ini menunjukan bahwa tidak adanya bahan air pada produk tersebut.

PT Kaltim Parna Industri
PT Kaltim Parna Industri

Desain konsentrasi amonia yang digunakan KPI adalah 99,90%, tapi pada kenyataannya KPI telah berhasil membuat konsentrasi dengan amonia hingga 99,97%. Langkah awal dalam proses pembuatan amonia ini adalah dengan melakukan persiapan untuk membuang kandungan sulfur yang terdapat dalam gas alam, karena terdapat sulfur yang cukup beracun. Untuk mendapatkan kandungan hidrogen, maka gas alam akan dilakukan pemecahan rantai karbon di unit primary reformer dan juga secondary reformer. Nitrogen yang didapat dari free udara yang disertakan dalam aliran gas ini mulai dari unit secondary reformer. Sehingga nitrogen tidak akan bereaksi sampai pada reaktor amonia.

Amonia yang telah dihasilkan akan disimpan dalam sebuah wadah atau tangki penyimpanan yang cukup besar dengan suhu -330 Celcius, PT Kaltim Parna Industri ini memang salah satu perusahaan yang memproduksi amonia dengan kualitas terbaik di Indonesia.