Cara Memilih Manajer Investasi Reksa Dana yang Benar

Investasi Reksa Dana

Reksa dana merupakan instrumen investasi yang mudah karena ada manajer investasi yang bertugas untuk mengelola dana yang diinvestasikan. Dengan begitu, investor hanya perlu membeli reksa dana dan melakukan pemantauan secara berkala saja. Pemilihan manajer investasi sangat penting karena akan berpengaruh pada keberhasilan investasi yang Anda lakukan. Jadi usahakan untuk memilih manajer investasi terbaik. Adapun tips memilih manajer investasi reksa dana yang benar adalah sebagai berikut:

"<yoastmark

Legalitas

Legalitas merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan ketika akan memilih manajer investasi. Hal ini berkaitan dengan keamanan dana yang akan Anda investasikan dalam bentuk reksa dana. Pilih perusahaan manajer investasi yang telah terdaftar OJK atau Otoritas Jasa Keuangan seperti PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI).

Kinerja

Meskipun investasi yang terjadi tidak bisa ditebak karena ada banyak faktor yang berpengaruh, namun melihat perusahaan ketika mengelola dana dapat menunjukkan bagaimana kinerja perusahaan tersebut. Lihatlah portofolio hasil investasi yang pernah dikelola untuk mengetahui kinerja perusahaan manajer investasi. Jika kinerja nya konsisten maka layak untuk Anda pertimbangkan.

Kompetensi

Kompetensi manajer investasi dalam mengelola investasi reksa dana akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Jadi pastikan memilih perusahaan manajer investasi yang kompeten dengan melihat track record sebelumnya. Pilih perusahaan yang berpengalaman sehingga sudah biasa mengatur keuangan dengan baik.

Gaya Berinvestasi

Hal selanjutnya yang perlu Anda lihat dari sebuah perusahaan manajer investasi adalah bagaimana gaya dalam berinvestasi. Ada perusahaan yang menjanjikan keuntungan kecil dengan risiko rendah namun ada juga yang menjanjikan keuntungan besar dengan risiko yang besar dalam pengelolaannya. Jadi Anda bisa memilih yang sesuai dengan karakter investasi Anda sendiri.

Transparansi Biaya

Manajer investasi memberikan layanan dengan imbalan biaya tertentu seperti biaya pengelolaan, biaya pembelian, biaya penarikan reksa dana, dan lain sebagainya. Setiap perusahaan menetapkan biaya yang berbeda-beda. Pastikan bahwa perusahaan yang Anda pilih memberikan transparansi terhadap besarnya biaya-biaya tersebut sehingga Anda tidak merasa dirugikan.

Itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manajer investasi terbaik ketika akan membeli reksa dana. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) yang merupakan perusahaan manajer investasi terbaik di Indonesia. Ada setidaknya 24 produk investasi reksa dana yang disediakan oleh MAMI untuk memenuhi kebutuhan investor yang ingin berinvestasi. Jika ingin membeli reksa dana dari MAMI secara online, Anda bisa mengunjungi websitenya yaitu www.klikmami.com.