Tips Anti Telat Bayar BPJS Kesehatan

Bayar bpjs kesehatan

Asuransi kesehatan saat ini menjadi hal yang sangat penting untuk Anda dan keluarga miliki. Pasalnya, kesehatan seseorang tidak bisa diprediksi. Jika Anda memiliki asuransi maka tidak akan ada kesulitan keuangan apabila nanti ada keluarga yang sakit. Salah satu asuransi kesehatan yang dihadirkan pemerintah untuk menjamin kesehatan masyarakat adalah BPJS Kesehatan. Ada 3 kelas yang tersedia yaitu Kelas I, Kelas II, dan Kelas III. Setiap kelas memiliki iuran berbeda-beda dengan benefit atau keuntungan yang berbeda-beda. Agar bisa mendapatkan fasilitas kesehatan sesuai kelas yang dipilih, maka Anda wajib bayar BPJS Kesehatan tepat waktu.

Lalu bagaimana jika telat bayar iuran? BPJS memberikan sanksi dan denda kepada mereka yang telat membayar iuran. Jika tidak ingin mendapatkan sanksi dan denda maka Anda harus rutin membayar iuran setiap bulan. Berikut ini ada beberapa tips anti telat bayar iuran BPJS Kesehatan yang bisa Anda ikuti:

Bayar bpjs kesehatan
Bayar bpjs kesehatan

Buat Pengingat di Smartphone

Smartphone atau ponsel pintar saat ini tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja namun juga bisa digunakan untuk berbagai hal penting lainnya. Salah satu manfaat dari smartphone yaitu bisa Anda gunakan sebagai pengingat pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Biasanya smartphone akan memberi tanda misalnya alarm pengingat atau notifikasi jika sudah waktunya membayar. Tips ini sangat berguna terutama bagi Anda yang sering lupa membayar iuran karena aktifitas yang terlalu padat. Sebaiknya Anda membuat pengingat satu atau dua hari sebelum pembayaran agar masih ada waktu untuk melakukan persiapan.

Menabunglah Secara Konsisten

Meskipun sebenarnya iuran BPJS Kesehatan tidak terlalu tinggi namun terkadang masih ada yang merasa kesulitan untuk membayarnya. Pasalnya dalam sebulan ada banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi, disamping iuran BPJS Kesehatan tersebut. Apalagi jika Anda masih memiliki tagihan lain seperti listrik, air, dan lain sebagainya maka iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayar setiap bulan bisa cukup merepotkan. Oleh sebab itu, Anda harus mulai menabung secara konsisten. Pastikan menyisihkan uang setiap hari untuk bayar BPJS Kesehatan. Walaupun tabungan per hari tidak terlalu banyak namun pasti lama-lama akan cukup untuk membayar iuran.

Mulailah Berhemat

Berhemat menjadi kunci sukses agar Anda bisa mengatur keuangan dengan baik. Jika Anda mampu mengatur keuangan dengan baik maka segala kebutuhan bulanan akan terpenuhi, termasuk dengan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Ingatlah bahwa masa depan lebih penting dari saat ini jadi Anda harus berhemat agar bisa memberikan jaminan kesehatan bagi keluarga. Usahakan tidak membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

Bayar Secara Online

Masih banyak orang yang telat membayar iuran BPJS Kesehatan lantaran malas datang ke ATM atau kantor BPJS. Tenang saja, bank Sinarmas menghadirkan solusi untuk Anda dengan layanan SimobiPlus. SimobiPlus sendiri merupakan aplikasi internet banking yang bisa Anda akses secara online dimana saja dan kapan saja. Cara bayar iuran BPJS di SimobiPlus juga sangat mudah. Masuk ke menu Pembayaran/Pembelian, selanjutnya pilihlah Layanan Umum. Isilah field IDPEL dengan 88888 + 11 digit akhir nomor anggota, dan isi field Jumlah Bulan dengan jumlah bulan yang akan dibayar.

Itulah tips yang bisa Anda ikuti agar tidak telat bayar BPJS Kesehatan. Denda akibat telat bayar iuran BPJS Kesehatan bisa sampai jutaan untuk mereka yang telat berbulan-bulan lamanya. Anda pasti tidak ingin mengalami hal yang sama. Tidak hanya denda berupa uang, BPJS juga memberikan sanksi berupa non aktif keanggotaan apabila Anda telat membayar. Jika status keanggotaan non aktif maka Anda tidak bisa menggunakannya jika mendadak dibutuhkan. Simak informasi lebih lengkapnya mengenai layanan yang diberikan di banksinarmas.com.