Kenali Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

makanan yang berbahaya untuk kucing

Seperti yang bisa kita lihat bahwa kucing memang selalu menginginkan makanan yang dimakan oleh manusia. Salah satunya bisa dilihat dari cara ia memelas dan memandang saat kita makan. Namun ternyata, terdapat beberapa jenis makanan manusia yang bersifat racun apabila dijadikan untuk kucing kesayangan Anda. Sebagai pemilik hewan peliharaan lucu satu ini, Anda tentu perlu mengetahui beberapa jenis makanan yang berbahaya untuk kucing.

Apa saja makanan berbahaya untuk kucing tersebut? Berikut beberapa diantaranya:

  1.  Cokelat

Cokelat memang menjadi salah satu jenis makanan lezat yang disukai banyak orang. Namun makanan yang satu ini menjadi pantangan makanan hewan peliharaan, terutama untuk kucing. Camilan yang berbahan dasar kakao tersebut memiliki kandungan 2 bahan beracun bagi kucing, yakni teobromin dan juga kafein. Apabila mungkin tidak sengaja tertelan, maka bisa muncul beberapa gangguan kesehatan, misalnya: muntah, diare, peningkatan suhu tubuh, peningkatan detak jantung bahkan kejang-kejang. Pada kasus yang parah, paparan teobromin dan juga kafein yang tinggi pada kucing bisa memicu gagal jantung, kelemahan, atau bahkan koma.

  1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Makanan yang berbahaya untuk kucing berikutnya adalah bawang merah dan juga bawang putih. Kedua jenis bahan makanan tersebut memiliki kandungan allium yang bisa memicu anemia pada kucing. Baik dalam keadaan mentah, dimasak, maupun bubuk, bawang-bawangan dapat memicu kerusakan sel darah merah pada kucing. Disamping itu, keduanya juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang umumnya ditandai dengan sakit perut, mual,  muntah, dan juga diare.

  1. Jenis Tanaman yang Beracun dan Berbahaya untuk Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat sensitif terhadap rasa pahit, dan umumnya sebagian besar zat yang beracun untuk mereka memang terasa pahit. Tapi, umumnya bunga bakung dan juga  tanaman beracun lainnya mudah ditemui oleh kucing.

Oleh sebab itu untuk berjaga-jaga, lebih baik Anda menghindari untuk tanaman tertentu yang beracun untuk kucing di kebun Anda. Berikut beberapa jenis tanaman yang beracun untuk kucing: Mistletoe, ivy, holly, poinsettia, cyclamen, wisteria, rhododendron, sweet pea, love apple, dan juga lily.

Kucing memang membutuhkan asupan nutrisi yang tepat untuk tubuhnya agar ia bisa hidup sehat dan panjang umur. Oleh sebab itu, hindari beberapa jenis makanan yang berbahaya untuk kucing diatas dan berikan makanan kucing sehat dan bernutrisi dari Royal Canin. Makanan kucing tersebut mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kucing, mulai dari antioksidan, serat, vitamin, prebiotik dan juga mineral alami.